KR Tutor Plus

Thursday, March 15, 20120 comments

KR Tutor Plus


Cara setting menu Discussion Wordpress

Posted: 15 Mar 2012 07:00 PM PDT

setting menu Discussion
Cara setting menu Discussion Wordpress – Melanjutkan seri artikel mengenai panduan wordpress, jika sebelumnya di tulis secara rinci bagaimana cara setting menu reading, maka sekarang berlanjut ke cara setting menu discussion.

Menu discussion adalah menu yang behubungan dengan komentar blog, jadi segala pengaturan pada menu tersebut berimbas pada komentar.

Cara setting menu Discussion

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara setting menu discussion pada wordpress :
  1. Silahkan login ke area admin blog wordpress anda.
  2. Sorot menu Settings yang ada disebelah kiri bawah layar monitor anda, setelah keluar sub menu, pilih menu Discussion.
  3. Beri tanda ceklist sesuai dengan keinginan anda. Akhiri dengan klik tombol Save Changes.
    • Default article settings : Beri tanda ceklist atau jangan di beri tanda ceklist, sesuai dengan keinginan. Attempt to notify any blogs linked to from the article : pemberitahuan jika ada blog yang membuat link dari dalam artikel. Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks.) : Memperbolehkan blog lain untuk melakukan pingbacks atau trackbacks. Allow people to post comments on new articles : mengijinkan pengunjung blog agar bisa memberi komentar pada setiap artikel baru.
    • Other comment settings : Tinggal beri tanda centang atau tidak. Comment author must fill out name and e-mail : jika dicentang, maka yang memberi komentar wajib mengisi form nama dan email. Users must be registered and logged in to comment : jika di centang, maka hanya pembaca yang terdaftar dan harus login terlebih dahulu yang bisa memberi komentar, umumnya ini tidak di centang. Automatically close comments on articles older than : Jika di centang, maka setiap artikel otomatis ditutup komentarnya pada batas waktu yang di tentukan. Enable threaded (nested) comments : Ini agar ada fasilitas reply komentar, level reply komentar bisa diaatur tingkatannya. Break comments into pages with : Jika komentar sampai ratusan jumlahnya, tentu halaman blog anda jadi kurang nyaman, dengan ini bisa tentukan berapa jumlah komentar yang bisa tampil, untuk sisanya akan ada link.
    • E-mail me whenever : Tinggal beri centang atau tidak. Anyone posts a comment : Jika dicentang, maka setiap ada yang komentar akan dikirimkan pemberitahuan ke email anda (email author). A comment is held for moderation : Jika dicentang, apabila ada komentar yang masuk moderasi maka akan dikirimkan email pemberitahuan.
    • Before a comment appears : Tinggal beri centang atau tidak. An administrator must always approve the comment : Jika dicentang, setiap ada komentar masuk admin harus meng approve secara manual, umumnya ini tidak dicentang karena merepotkan admin blog. Comment author must have a previously approved comment : Jika dicentang, maka komentar pertama dari setiap pengunjung harus diapprove terlebih dahulu oleh admin.
    • Comment Moderation : Pada Hold a comment in the queue if it contains : tulis jumlah link yang di izinkan dalam komentar, jika pengunjung memberi komentar dan memasang link mencapai jumlah yang di izinkan, maka komentar tersebut akan di moderasi terlebih dahulu. Disini, terdapat juga fasilitas untuk filter melalui nama, URL, e-mail, atau IP.
    • Comment Blacklist : masukkan kata-kata yang menurut anda tidak pantas ada dalam kometar, contoh seperti (maaf ) anjing, babi, setan, ngentot dan kata-kata kotor lainnya. Ini demi menjaga agar komentar bersih dari kata-kata yang tidak pantas. Jika ini di lakukan, maka komentar yang mengandung unsur kata yang di blacklist akan terjaring sebagai komentar spam dan tidak akan tampil di blog.
    • Avatar Display : Pilih Show Avatars jika ingin menampilkan avatar atau pilih Don't show Avatars jika tidak ingin menampilkan avatar.
    • Maximum Rating : Pilih sesuai keinginan.
    • Default Avatar : Pilih avatar yang disukai. menu discussion

Info Tambahan Seputar Menu Discussion

Pada pengaturan menu discussion tidak ada hal yang membahayakan, oleh karenanya janganlah takut untuk mencoba. Namun, pada pilihan Users must be registered and logged in to comment, apabila opsi ini anda ceklist maka yang dapat berkomentar hanyalah anggota dari blog anda dan itupun harus melakukan login terlebih dahulu.

Satu lagi, pada pilihan Allow link notifications from other blogs (pingbacks and trackbacks.), jika anda izinkan sering kali di salah gunakan oleh mereka yang mencari backlink dari blog anda secara otomatis dengan menggunakan plugin khusus.

Semoga artikel  cara setting menu discussion wordpress bermanfaat bagi anda.


Cara Setting menu Reading Wordpress

Posted: 15 Mar 2012 12:12 AM PDT

Setting menu Reading
Cara Setting menu Reading Wordpress – Melanjutkan artikel sebelumnya yaitu cara setting menu writing wordpress, langkah selanjutnya adalah cara setting menu reading wordpress. Dalam menu Reading memang tidak banyak yang harus di atur, namun terkadang ini dibutuhkan dalam keadaan tertentu.

Cara Setting menu Reading Wordpress

Berikut adalah langkah-langkah bagaimana cara setting menu Reading wordpress :
  1. Silahkan login ke area admin blog wordpress anda.
  2. Sorot menu Settings yang ada disebelah kiri bawah layar monitor anda, setelah keluar sub menu, pilih menu Writing.
  3. Silahkan isi form yang tersedia atau pilih sesuai dengan keinginan anda dan akhiri dengan klik tombol Save Changes.
    • Front page displays : Pilih Your latest posts apabila tampilan halaman depan (home page) blog anda adalah diurut dari posting paling akhir/terbaru. Pilih A static page (select below) apabila tampilan halaman depan blog anda adalah dari static pages, tentukan juga pages yang diinginkan.
    • Blog pages show at most : tuliskan jumlah posting yang ingin tampil dihalaman depan.
    • Syndication feeds show the most recent : Tuliskan jumlah untuk pengiriman feed.
    • For each article in a feed, show : ini berlaku untuk feed, jika dipilih Full text maka artikel yang kirimkan melalui feed adalah artikel penuh, namun jika yang dipilih adalah Summary maka feed yang dikirimkan hanyalah ringkasan saja, bukan artikel penuh.
    • Encoding for pages and feeds : Sebaiknya jangan di ubah, biarkan UTF-8 saja. menu reading

Info Tambahan Seputar Menu Reading

Front page displays
Pilihan Your latest post di pilih umumnya apabila blog wordpress anda dibuat untuk dijadikan sebuah blog biasa, bukan toko online, menjual produk ataupun jasa.

Pilihan A static page dipilih umumnya dipergunakan untuk blog wordpress yang tujuannya di jadikan sebagai toko online atau menjual produk sertda jasa. Untuk theme-theme tertentu, terkadang dibuat custom template untuk pages sehingga tampilan halaman depan nanti terlihat persis menyerupai website untuk berjualan.

Blog pages show at most
Menentukan jumlah postingan di halaman depan sekilas tampak sepele, namun ini merupakan hal yang lumayan vital. Dalam menentukan jumlah posting yang akan tampil di halaman depan anda harus konsisten, usahakan agar angka yang anda tulis tidak akan pernah diubah kembali. Jika suatu saat anda mengubah angka tersebut, maka nantinya akan ada banyak broken link ( link rusak), ini terjadi apabila jumlah postingan anda sudah banyak dan melebihi jumlah yang tampil di halaman depan.

Ingat, apabila jumlah posting sudah banyak maka akan muncul link biasanya dinamai dengan Next Post dan Previous Post atau bagi yang menggunakan plugin Page Navi terlihat menjadi angka 1, 2, 3, 4 dst. Setiap page mempunyai link tersendiri, misal :

http://krtutorplus.com/page/2/
http://krtutorplus.com/page/3/
http://krtutorplus.com/page/4/
dst

Dan link-link tersebut umumnya di index oleh google. Jadi, kalau anda mengubah-ngubah jumlah postingan di halaman depan, itu akan mengubah juga komposisi jumlah pages, bisa bertambah atau berkurang. Apabila berkurang, tentu akan di anggap sebuah broken link oleh google, dan apabila anda menggunakan google webmaster tool, disana akan muncul error tentang broken link tersebut.

Perlu anda ketahui, bahwa broken link dalam jumlah yang banyak dapat memperburuk kualiatas blog anda di mata search engine, khususnya google. Oleh karenanya, alangkah baiknya bila anda memikirkan dari awal berapa jumlah post yang akan tampil, dan tidak akan mengubahnya lagi dimasa mendatang.

Mudah-mudahan saja artikel  cara setting menu reading wordpress ini dapat bermanfaat bagi anda yang memang belum mengetahuinya.


Share this article :

Lets Share

Bookmark and Share
There was an error in this gadget
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kang Doel's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger